Indonesia Raih Penghargaan Tertinggi Grand Award dalam IMSCC 2023 di Korea Selatan



Potensi besar dimiliki oleh anak-anak generasi penerus bangsa dalam berbagai bidang, mulai dari olahraga, seni dan budaya hingga akademik. Satu demi satu prestasi pun ditorehkan, yang semakin membuat bangga terhadap tanah air.

Paling baru, 2 siswa SMP Kharisma Bangsa, salah satu sekolah terbaik di Jakarta, menorehkan prestasi luar biasa. Keduanya berhasil menyabet penghargaan tertinggi dalam ajang 17th International Mathematical Science and Creativity Conference (IMSCC) 2023 yang berlangsung di Gwocheon National Science Museum, Korea Selatan pada 21 Oktober 2023 lalu.

Satu-satunya Perwakilan Indonesia yang Meraih Grand Award

Akhtar Ma’ruf Sumadiwangsa dan Gavin Syafi Anggakara berpartisipasi dalam ajang tersebut dan tergabung dalam tim Edusteam 1. Keduanya mengikuti lomba Invention Maker dan menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berhasil meraih Grand Award Pada perlombaan. Tim yang berkode peserta I-006 ini merancang inovasi berupa Automatic Chili Pepper Watering Robot dan menamai rancangannya dengan sebutan ACPWR-3000. Pada blueprint yang dibuat, Akhtar dan Gavin menyoroti tentang mayoritas petani Indonesia yang masih menggunakan cara tradisional dalam bertani.

“Inovasi dan teknologi baru akan sangat bermanfaat bagi para petani Indonesia,” sebut Akhtar, siswa yang sekarang duduk di kelas 9.

Inovasi untuk Petani Cabai

Secara khusus, Akhtar dan Gavin merancang inovasi mereka bagi para petani cabai. Menurut mereka, cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang penting di Indonesia.

”Cabai adalah komoditas high demand. Sehingga penemuan ini secara khusus ditujukan bagi para petani cabai,” jelas Akhtar.

Menurut Akhtar, ACPWR-3000 didesain untuk membantu pertumbuhan cabai di dalam setting lingkungan yang terkontrol dan stabil, sekaligus juga memberikan suplai air secara optimal dan efektif. Gavin menambahkan, ACPWR-3000 bekerja dengan cara menggerakkan claw di tengah dengan 3 lever di sampingnya.

“Claw memiliki kamera sensor yang digunakan untuk mengecek tanaman di berbagai area di dalam ACPWR-3000,” ungkapnya.

Dalam rancangan ini, mereka menggunakan cabai rawit. ACPWR-3000 akan mengecek jika tanaman cabai rawit sudah memiliki bunga atau buah.

“Jika sudah ada bunga atau buah, maka ACPWR-3000 akan mengeluarkan air 32 ml per hari untuk tanaman tersebut, jika tidak ada maka hanya mengeluarkan 16 ml per hari,” terang Gavin.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Seoul, Gogot Suharwoto secara khusus mengapresiasi peran sekolah yang telah memberikan dukungan bagi para siswanya untuk berkancah di ajang internasional.

“Kami menyampaikan selamat atas prestasi tim Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan pada 17th IMSCC di Korea Selatan. Kami turut bangga kepada Tim Edusteam1 yang menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang bisa meraih Grand Award,”.

”Kami juga mengapresiasi dukungan dari sekolah-sekolah yang telah mengirimkan siswanya sehingga bisa tampil dan berprestasi di ajang ini,’ Pungkas Gogot.

Acara 17th IMSCC 2023 mengangkat tema ‘Awakening the Imagination’ dan disponsori oleh pemerintah Korea Selatan. Kementerian yang turut terlibat antara lain Ministry of Science and ICT, Ministry of Trade, Industry and Energy, serta Ministry of SMEs and Startups.

Adapun total perwakilan Indonesia yang dikoordinasikan oleh STEM Education Center Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung berhasil meraih 14 medali. Rinciannya antara lain 1 grand award, 4 gold award, 4 silver award, 3 bronze award, dan 2 encouragement award. Para peserta luar Korea Selatan yang tidak mendapatkan medali pun tetap mendapatkan special award.

Akhtar dan Gavin tergabung ke dalam Klub Edusteam. Klub di Sekolah terbaik di Tangerang Selatan ini fokus mendorong para siswa berinovasi dalam bidang sains. Meskipun termasuk ke dalam sekolah swasta level internasional di Tangerang Selatan, Kharisma Bangsa telah dikenal sebagai sekolah berprestasi.


Cek inovasi lainnya dari Klub Edusteam melalui tautan ini. https://www.youtube.com/@edusteamkharismabangsa8279

2 thoughts on “Indonesia Raih Penghargaan Tertinggi Grand Award dalam IMSCC 2023 di Korea Selatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *