LAGI, SEKOLAH KHARISMA BANGSA MELAMBUNGKAN NAMA INDONESIA


Medali Emas

Sekolah Kharisma Bangsa melambungkan nama Indonesia melalui prestasi dua siswanya di ajang olimpiade tingkat internasional. Mereka adalah Axel Giovanni Hartanto yang berlaga di Chiba, Jepang dan Muhammad Amadeus Ihsan Candra yang berkompetisi di Yunani. Axel berhasil mendapatkan penghargaan honorable mention di ajang international mathematics olympiad (IMO). Sementara, Amadeus alias Mades membawa pulang medali emas pada perlombaan international economics olympiad (IEO). Masing-masing  mengikuti perlombaannya pada awal bulan Juli dan bulan Agustus tahun ini. 

Saya sampaikan terima kasih, bangga, sekolah ini bisa menghasilkan siswa seperti ini. Setahu saya ini (Mades) bukan yang pertama. Tahun lalu juga ada.”  Ucap Plt. Kepala Puspresnas Hendarman, saat diwawancarai di kawasan Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (3/8). 

Untuk diketahui, dua ajang bergengsi ini didukung penuh oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Lembaga di bawah Kemendikbud itu memfasilitasi peserta mulai dari seleksi, akomodasi, hingga pelatihan. Pembinaan yang diberikan pun tidak sembarangan. Mereka yang dapat mengikuti lomba tersebut adalah para pemenang medali emas di olimpiade sains nasional yang telah lolos pembinaan di tahap pemusatan latihan nasional. Ini berarti para peserta harus melewati seleksi berkali-kali untuk bisa mengikuti kompetisi IMO dan IEO. 

Mades menerangkan pada kompetisi IEO terdapat 3 sub tes. Tiap peserta diwajibkan menyelesaikan setiap tes ekonomi tersebut. “Tahapan lombanya ada tiga, ekonomi, finansial dan bisnis. Masing-masing dikerjakan selama 1 hari”. Ketika ditanya bagaimana rasanya atas hasil ini, Mades berujar senang, namun bukan untuk mengatakan dirinya sendiri. “Alhamdulillah senang pak, Indonesia bisa juara.” Tutur siswa yang juga meraih penghargaan best in economics pada kompetisi IEO itu. Alih-alih menyebut dirinya, ia mempersembahkan capaian ini untuk Indonesia. 

“Mudah-mudahan sekolah kharisma bangsa tetap memberikan perhatian pada anak-anak talenta berprestasi seperti ini. Berikan perhatian. Dorong dan munculkan lagi ke depan dalam setiap ajang”, tutup Hendarman.  

Axel dan Mades adalah dua di antara siswa berprestasi yang dimiliki Sekolah Kharisma Bangsa. Keduanya memenangkan medali emas pada olimpiade sains nasional pada tahun 2022. Kini keduanya menerima beasiswa Indonesia Maju (BIM) dan akan berangkat ke National University of Singapore untuk memulai perkuliahan. Axel akan mengambil di jurusan computer science. Sementara, Mades meneruskan minatnya di jurusan economics. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *