Sekolah Kharisma Bangsa Sukses Menjadi Tuan Rumah Kegiatan The Harvard Crimson Leadership Academy


Kharisma Bangsa-Harvard Crimson

Sebagai salah satu skill yang krusial saat ini, kepemimpinan memiliki peran besar dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadikan visi dan misi sekolah Kharisma Bangsa untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang bisa menjadi pemimpin di masa depan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh sekolah adalah dengan pelaksanaan program-program kepemimpinan untuk para siswa.  

Namun Kali ini, Sekolah swasta di Tangerang Selatan, Kharisma Bangsa untuk pertama kalinya berkolaborasi dengan Harvard Crimson dan Learn With Leader dalam melaksanakan kegiatan The Harvard Crimson Leadership Program. Kegiatan tersebut diselenggrakan selama 3 hari pada tanggal 13-15 Januari 2023 untuk para siswa kelas 8-12. Selama kegiatan tersebut para siswa dibimbing langsung oleh 2 mentor, Linda Lin dan Helen Kreiger, yang merupakan Mahasiswa dari Universitas Harvard. Mellaui kegiatan ini para siswa dibimbing langsung untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berpikir kritis, menuliskan ide mereka dalam mengatasi permasalahan (Critical Thinking & Problem Solving) dan juga bagaimana mengkomunikasikan ide-ide tersebut sehingga mereka bisa menjadi pemimpin masa depan.

Program ini diikuti oleh 19 peserta di mana 13 diantaranya adalah siswa Kharisma Bangsa dan dan 6 diantaranya dari sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta, Sekolah Islam Cahaya Rancamaya dan Sekolah Al Ikhlas Cipete. Selama 3 hari para peserta diberikan materi-materi tentang team building, Critical Thinking, Public Speaking, dan tentunya yang tidak kalah pentingnya adalah menuangkan ide mereka dalam bentuk Essay, berkonsultasi dengan para mentor dan mepresentasikan essay mereka didepan para mentor dan peserta. Di hari terakhir kegiatan tersebut, para mentor berdiskusi dengan para siswa terkait bagaimana bisa diterima di universitas terbaik, salah satunya adalah Universitas Harvard.

“Saya merasa program ini sangat mempengaruhi saya untuk menjadi pemimpin yang lebih baik,” ujar Zayyan, peserta dari Sekolah Islam Cahaya Rancamaya.

Helen Kreiger, salah satu mentor program berpendapat bahwa para peserta harus memilih apa yang ingin mereka capai namun terhalang oleh beberapa pola pikir dan metode. 

“Sungguh luar biasa melihat mereka semua, dan kami dapat membantu mereka mengetahui apa yang mereka inginkan di masa depan. Ini kesempatan yang menyenangkan” oleh Helen.

3 hari ini pasti mengesankan bagi semua peserta. Mereka bisa bertemu dan belajar langsung dengan mahasiswa Universitas Harvard.

“Semoga program ini bisa memberikan banyak pengalaman dan ilmu baru yang memotivasi Anda untuk lebih berprestasi dan bermanfaat bagi diri sendiri , keluarga, dan lain-lain”. Pesan  Imam, Kepala Sekolah SMA Kharisma Bangsa, yang merasa senang dengan adanya program tersebut. 

Sebagai sekolah terbaik di Tangerang Selatan, Program crimson leadership ini merupakan salah satu upaya sekolah menjalankan core value sekolah yaitu kolaborasi.  Kharisma Bangsa yang dikenal sebagai sekolah berprestasi ini berkomitmen untuk menerapkan nilai tersebut dari hari ke hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *