Membentuk Karakter Melalui Program Reading Camp



Oleh Taufik Hidayat, Guru Bahasa Indonesia SMA

Wonosobo – Selama 4 hari (3-7 Desember 2023), siswa kelas 10 Oxford Sekolah Kharisma Bangsa menjalani program reading camp di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Di antara bentuk kegiatannya adalah community service di Panti Asuhan Darul Aitam, Wonosobo. Kegiatan yang diperantarai oleh Sekolah Kharisma Bangsa dan OSIS Kharisma Bangsa tersebut bertujuan untuk mengajak siswa untuk merasakan suasana kehidupan yang berbeda dari yang biasa mereka rasakan sehari-hari di sekolah.

Kegiatan Community service menjadi jembatan yang menghubungkan para siswa dengan realitas kehidupan di Panti Asuhan Darul Aitam. Para siswa melebur dengan budaya masyarakat setempat, yang mengharuskan mereka beradaptasi. Mereka saling berbagi pengetahuan saat sesi membaca buku, bermain bersama, hingga sesi kreatifitas seperti melukis dan menghias. Beragam aktivitas tersebut tidak hanya memberikan hiburan bagi anak-anak panti asuhan, tetapi juga meningkatkan kreativitas dan keceriaan di antara mereka. Ini akan menciptakan pengalaman yang baru, penuh kesan dan hangat, terutama saat berinteraksi dengan anak-anak penghuni panti asuhan.

Keberhasilan kegiatan community service ini tidak terlepas dari dukungan besar yang diberikan oleh berbagai pihak, terutama sekolah dan orang tua siswa. Bantuan dari sejumlah pihak terkumpul sebesar 5 juta Rupiah yang disalurkan langsung kepada pihak panti asuhan, baik dalam bentuk bahan sembako maupun uang tunai. Bukan sekadar menjadi sarana bantuan materi, community service adalah simbol kasih sayang dan kepedulian dari sekolah swasta terbaik di Tangerang Selatan ini, khususnya para siswa kelas 10 Oxford. 

Kegiatan ini mencerminkan esensi kemanusiaan yang seharusnya dimiliki oleh setiap individu. Melalui kegiatan ini, siswa belajar untuk menjadi individu yang peduli, peka terhadap kebutuhan sesama, dan siap memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Inilah pembelajaran nyata di luar kelas yang akan membentuk karakter siswa untuk menjadi individu yang lebih baik di masa depan.


Program Reading camp merupakan rangkaian kegiatan yang dirancang oleh Sekolah Kharisma Bangsa setelah ujian semester selesai. Para siswa bertolak ke tempat wisata untuk berlibur sekalian belajar mengenai kehidupan yang ada di sana. Tidak sekadar berkunjung, mereka juga menjalani program kegiatan positif yang telah disiapkan, yang pada akhirnya dapat membentuk karakter mereka sendiri. Seperti community service, yang semoga meninggalkan jejak kebaikan dan kasih sayang yang akan membekas dalam ingatan anak-anak panti asuhan. Semoga kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk turut berkontribusi dalam membangun kepedulian sosial di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *